Laman

Jumat, 27 Agustus 2010

Pengantar Teknologi Informasi


Pengantar Teknologi Informasi
          Dalam kehidupan pada masa kini kita dalam menghadapi aktivitas sehari-hari tidaklah lepas dari sebuah teknologi informasi karena dalam teknologi informasi dapat memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam sebuah interkasi kita memerlukan suatu hubungan yaitu berkomunikasi.
          Dalam berkomunikasi manusia pastilah perlu menggunakan suatu teknologi informasi, agar dapat berinteraksi tanpa batas waktu maupun tanpa batas jarak. Sebenarnya apakah yang dimasud dengan Teknologi Informasi tersebut?. TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.
          Berikut adalah Komponen dari Teknologi Informasi.
1.     Hardware meliputi : CPU, Media Penyimpanan atau Memory, Peralatan Input, Peralatan Output, dan Peralatan Komunikasi
2. Software adalah program-program/instruksi-instruksi untuk melakukan pengolahan data.

3.     Database adalah kumpulan file yang  terintegrasi
File : kumpulan record
Record : kumpulan field/atribut
Field/atribut : kumpulan karakter, Karakter : huruf/angka atau symbol
Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol khusus atau gabungan daripadanya. Informasi : hasil pengolahan data.

4. Jaringan (Network), adalah peralatan/media yang digunakan untuk mentransmisikan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Jaringan memungkinkan informasi yang berasal dari berbagai sumber (komputer) yang memiliki karakteristik berbeda digunakan secara bersama-sama.

5.     Prosedur, sekumpulan instruksi untuk menyatukan komponen-komponen TI dalam rangka memproses data/informasi menjadi keluaran (output) tertentu.

6.     Sumber Daya Manusia (Brainware), individu yang  mengoperasikan dan mengendalikan   atau yang meng-gunakan sistem.


Fungsi dan Tujuan Teknologi informasi,  Tujuan dari Teknologi Informasi adalah difungsikan untuk memecahkan  masalah dan membuka kreativitas sehingga orang menjadi lebih efektif  menyelesaikan tugasnya. Berikut adalah Fungsi dari Teknologi Informasi:
·        Menangkap (Capture)
Mengkompilasi data dari aktivitas-aktivitas yang terkait.

·        Mengolah (Processing)
Menganalisis, menghitung dan mengolah data dan informasi.

·        Menghasilkan
Mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk dan kegunaan tertentu.

·        Menyimpan (Storage)
Merekam data dan informasi dalam suatu memory untuk digunakan jika diperlukan.

·        Mencari Kembali (Retrieval)
Menelusuri, mendapatkan   kembali, meng-copy data dan infrmasi yang tersimpan dalam tempat penyimpanan (storage).

·        Mentransmisi (Transmission)
Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain.


         
         
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar